Hutan Bukit Kurai Suliki Terbakar

oleh -287 klik
Hutan Bukit Kurai Kecamatan Suliki, Kabupaten Limapuluh Kota terbakar, Kamis (25/02/2021) siang. M. ABDIO
Hutan Bukit Kurai Kecamatan Suliki, Kabupaten Limapuluh Kota terbakar, Kamis (25/02/2021) siang. M. ABDIO

JERNIHNEWS.COM-Hutan di perbukitan Kurai, Kecamatan Suliki, Kabupaten Limapuluh Kota terbakar pada Kamis (25/02/2021). Tiga unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) dan 20 petugas damkar Pemkab Limapuluh Kota diterjunkan ke lokasi kejadian untuk memadamkan api.

Asap kebakaran hutan masih mengepul. M. ABDIO
Asap kebakaran hutan masih mengepul. M. ABDIO

Diperkirakan api mulai membakar kawasan itu sejak pukul 09.00 WIB. Namun baru diketahui dilaporkan warga kepada petugas Damkar sekitar pukul 12.00 WIB. Laporan warga pun direspon cepat, dan pukul 12.15 WIB petugas dan mobil Damkar sudah berada di bawah bukit yang terbakar.

Petugas mesti bekerja keras. Selain lokasi yang tunggang, sumber air pun agak sulit diperoleh, karena sedang dalam musim kemarau. Belum diketahui asal muasal datangnya api yang memamah semak belukar hutan di lereng bukit itu.

"Belum tahu persis apa penyebab dari kebakaran ini," ungkap Mitra Rezi, Wali Jorong Kurai di lokasi kejadian.

Wali Jorong Mitra Rezi mengimbau masyarakat agar tidak asal membuat unggunan di sembarangan tempat. Karena saat ini sedang musim kemarau. Angin juga bertiup kencang, sehingga dapat memicu terjadinya kebakaran hutan.

Mitra Rezi berterimaksih kepada petugas Damkar Pemkab Limapuluh Kota yang telah membantu memadamkan api. Petugas sempat mengisi air berulang-ulang kali. Setidaknya ada 5 kali menambah air untuk dapat memadamkan api. Petugas kewalahan karena musim kemarau dan angin bertiup cukup kencang. Ditambah lagi hutan yang terbakar merupakan hutan pinus yang memang sangat mudah dimamah api.

Damkar yang diterjunkan merupakan gabungan dari Kecamatan Suliki, Kecamatan Mungka, dan Kecamatan Harau. "Jadi ini petugas gabungan dari 3 kecamatan. Jumlahnya 20 orang," kata Rifki salah seorang petugas Damkar. *

*)'Muhammad Abdio, Aktifis Ponpes Ma'arif As-Sa'adiyah