KUA Gunung Tuleh Sentuh Masyarakat Terbawah Pada Layanan Jumat Keliling

oleh -188 klik
Kepala dan staf KUA Gunung Tuleh di sela-sela kegiatan Layanan Jumat Keliling yang dilaksanakan Forkompimcab Gunung Tuleh setiap satu sebulan, dan ini merupakan kali ke-20 di  Jorong Bulu Laga, Nagari Persiapan Seberang Kenaikan, Kecamatan Gunung Tuleh. RIZAL
Kepala dan staf KUA Gunung Tuleh di sela-sela kegiatan Layanan Jumat Keliling yang dilaksanakan Forkompimcab Gunung Tuleh setiap satu sebulan, dan ini merupakan kali ke-20 di Jorong Bulu Laga, Nagari Persiapan Seberang Kenaikan, Kecamatan Gunung Tuleh. RIZAL

JERNIHNEWS.COM-Kantor Urusan Agama (KUA) Kacamatan Gunung Tuleh, turut ambil bagian dalam layanan Jumat Keliling ke-20 di Jorong Bulu Laga, Nagari Persiapan Seberang Kenaikan, Kecamatan Gunung Tuleh, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Jumat (19/02/2021).Layanan pada program Jumat Keliling, mampu menyentuh masyarakat lapisan bawah.

Dalam layanan Terintegrasi ke nagari yang dilakukan seluruh unsur Forkopimca Gunung Tuleh tersebut, KUA Gunung Tuleh berikan beberapa layanan urusan keagamaan dan pernikahan. Layanan dengan cara jemput bola ini, dilakukan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam melakukan kepengurusan.

Kepala KUA Gunung Tuleh, Jufri mengatakan, dalam program layanan dengan cara jemput bola ini, pihaknya melakukan beberapa jenis pelayanan yang di antaranya adalah pelayanan dalam konsultasi pernikahan, rekomendasi pernikahan dan pendaftaran isbat nikah.

"Pendaftaran isbat nikah ini, dikhususkan untuk warga yang sudah menikah, namun belum memiliki buku nikah," ujarnya.

Menurut Jufri, dengan turun langsung ke tengah-tengah masyarakat, pemberian layanan serta pendataan terhadap masyarakat di area perkampungan ini akan lebih maksimal dan efektif. Terutama seperti perkampungan yang ada di Kejorongan Bulu Laga yang memiliki jarak cukup jauh dari pusat pelayanan di tingkat kabupaten.

"Semoga dengan adayan layanan seperti ini, masyarakat bisa lebih terbantu," ungkapnya.

Jufri menambahkan, bagi pasangan yang ingin melaksanakan pernikan di KUA Gunung Tuleh ini, setiap pasangan terlebih dahulu harus melakukan pendaftaran minimalnya sepuluh hari sebelum jadwal pernikahan.

"Pendaftaran dilakukan sebelum 14 hari atau paling lambat sepuluh hari dari jadwal pernikahan yang telah ditentukan," terangnya.

Lanjut Jufri, selain memberikan layanan, pihaknya juga menyalurkan Wakaf Al-Qur'an kepada pengurus Masjid dan TPA pada setiap kegiatan Jumpa Nagari di Kecamatan Gunung Tuleh, yang dilakukan setiap satu bulan tersebut. Semua wakaf Al-Qur'an, merupakan wakaf atau sumbangan dari setiap pasangan yang akan menikah.

"Kegiatan ini dilakukan setiap bulan, dan wakaf Al-Quran tersebut selalu kita salurkan," kata Jufri mengakhiri. (rzl)