Shalat Jumat dan Shalat Fardu Berjamaah di Masjid Ditiadakan di Kabupaten Solok

oleh -420 klik
Rapat Forkopinda Kabupaten Solok usai rapat koordinasi, Jumat (27/03/2020) JON
Rapat Forkopinda Kabupaten Solok usai rapat koordinasi, Jumat (27/03/2020) JON

JERNIHNEWS. COM - Pemerintah Kabupaten Solok menggelar rapat k koordinasi (rakor) dengan seluruh Pimpinan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, lembaga FKUB MUI, NU dan Dewan Mesjid Kabupaten Solok di Gues House, (27/03).

Dalam Rakor tersebut, Bupati Solok Gusmal atas nama Pemerintah Kabupaten Solok bersama dengan Forkompimda dan lembaga yang menaungi umat beragama menyimpulkan 6 (enam) keputusan bersama terkait dengan upaya pencegahan penyebaran virus covid 19 atau virus corona.

Di mana dalam hasil keputusan tersebut disimpulkan bahwa, seluruh aktifitas yang melibatkan orang banyak untuk sementara dihentikan.

Di antaranya yang pertama adalah kegiatan sholat berjamaah jumat, untuk sementara ditiadakan dan diganti dengan shalat dzuhur di rumah.

Selanjutnya shalat berjamaah lima waktu yang dilaksankan di seluruh masjid, untuk saat ini juga ditiadakan. Termasuk juga seluruh kegiatan ceramah agama yang melibatkan orang banyak.

Selain itu dalam keputusan bersama tersebut juga disebutkan bahwa seruan shalat atau azan tetap harus dikumandangkan di seluruh mesjid.

Bupati Solok Gusmal yang memimpin rapat tersebut menyatakan hal ini adalah merujuk dari instruksi Gubernur Sumatera Barat, Fatwa dari MUI dan maklumat dari Kapolri tentang upaya pencegahan penyebaran virus korona di Sumatera Barat. Di mana dalam ketiga maklumat tersebut, agar seluruh kegiatan yang mengumpulkan orang banyak harus ditiadakan. (ad)