Selepas Gubernur Sumbar, IP Jadi Guru Besar Luar Biasa UNP

oleh -349 klik
Prof. Dr. Irwan Prayitno, S.Psi. M.Sc, selepas dari Gubernur Sumbar, dia akan dikukuhkan menjadi Guru Besar Luar Biasa Universitas Negeri Padang (UNP). JNC
Prof. Dr. Irwan Prayitno, S.Psi. M.Sc, selepas dari Gubernur Sumbar, dia akan dikukuhkan menjadi Guru Besar Luar Biasa Universitas Negeri Padang (UNP). JNC

JERNIHNEWS.COM-Gubernur Sumatera Barat Prof. Dr. Irwan Prayitno, S.Psi, M.Sc akan berakhir masa tugasnya selaku gubernur, Jumat (12/02/2021). Selepas itu, tiga hari kemudian, Senin (15/02/2021) pakar psikologi itu akan dikukuhkan menjadi guru besar luar biasa Universitas Negeri Padang (UNP). Pengukuhan dilakukan oleh rektor secara daring dan dihadiri anggota senat dan lainnya.

Agenda pengukuhan IP begitu Irwan Prayitno biasa dijuluki, disampaikan oleh Ketua Senat UNP, Prof. Dr. Sufyarma Marsidin, M.Pd kepada jernihnews.com, Kamis (11/02/2021). "Ya, benar beliau akan dikukuhkan. Tapi bukan dalam kapasitas seorang gubernur lagi. Karena beliau sudah habis masa tugasnya sebagai Gubernur Sumbar Jumat (12/02/2021)," kata Sufyarma.

Menurut Sufyarma, IP merupakan guru besar luar biasa pertama UNP. Langkah menjadikan IP sebagai guru besar luar biasa UNP, sehubungan dengan program UNP mendirikan Fakultas Psikologi. Saatnya ini psikologi di perguruan tinggi eks IKIP Padang ini masih tergabung pada Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP).

"Pembukaan Fakultas Psikologi sudah diajukan UNP ke KemenPAN RB. Kini menunggu hasilnya. Mudah-mudahan lancar dan bisa segera terbit izin tersebut," sebut Sufyarma yang merupakan guru besar FIP UNP.

Rencana UNP, tidak saja sekedar mendirikan Fakultas Psikologi saja, tapi juga membuka prodi S2 psikologi. Sebab, sepengetahuannya hingga sekarang belum ada prodi S2 psikologi di wilayah Sumatera.

"Dalam rangka itulah kita mengajak dan mengukuhkan Pak Prof. Irwan Prayitno sebagai guru besar luar biasa UNP. Beliau S1 dan S2-nya adalah psikologi. Sebenarnya bagi beliau status guru besar luar biasa UNP tentu tidak begitu penting, tapi bagi UNP justru sangat penting," kata Sufyarma menegaskan.

Dipilihnya waktu pelaksanaan pengukuhan, Senin (15/02/2021), didasari berbagai pertimbangan. Termasuk asumsi bahwa yang dikukuhkan adalah seorang gubernur. "Dulu saat UNP mengukuhkan Doktor HC kepada pak Jusuf Kalla juga saat beliau telah berhenti menjadi Wakil Presiden, kira-kira sama kondisinya dengan Pak Irwan Prayitno," kata mantan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Agam ini.

Agenda pengukuhan Irwan Prayitno juga disampaikan oleh Kadis Kominfo Sumbar, Jasman Rizal melalui undangan daring yang diposting di group media online Sumatera Barat, pada Rabu (10/02/2021). Ucapan selamat pun mulai mengalir atas pengukuhan IP tersebut. (erz)