Memprihatinkan, Ada Sekolah Tenda Biru di Dharmasraya

oleh -276 klik
Ketua DPRD Kabupaten Dharmasraya, Pariyanto, SH, saat mengunjungi SDN 04 Timpeh lokal jauh di Kampung Jao Nagari Panyubarangan, Kecamatan Timpeh. (DI)
Ketua DPRD Kabupaten Dharmasraya, Pariyanto, SH, saat mengunjungi SDN 04 Timpeh lokal jauh di Kampung Jao Nagari Panyubarangan, Kecamatan Timpeh. (DI)

JERNIHNEWS.COM-Sungguh memprihatinkan, ternyata di Kabupaten Dharmasraya ada sekolah yang berdinding bambu dan beratap terpal warna biru atau disebut juga dengan istilah tenda biru. Sekolah itu adalah lokal jauh dari SDN 04 Timpeh di Kampung Jao, Nagari Panyubarangan, Kecamatan Timpeh.

Ingin tahu kondisi yang sebenarnya, Ketua DPRD Kabupaten Dharmasraya, Pariyanto,SH pun menyempatkan diri melihat langsung sekolah itu. Kunjungan di luar jam dinas tersebut dilakukan karena keinginannya untuk melihat langsung sekolah darurat yang sudah sampai kelas tiga, namun ruangannya sangat darurat terbuat dari bambu dengan atap plastik.

"Biasanya ada nyanyi tenda biru, kalau ini sekolah bertenda biru," kata kader partai berlambang banteng gemuk moncong putih itu.

Dikatakannya, ia sengaja berkunjung langsung ke Kampung Jao untuk menyerap aspirasi masyarakat setempat, karena pendidikan merupakan kebutuhan dasar masyarakat sesuai amanat undang undang.

Memang katanya, aspirasi masyarakat itu ditampung bukan seperti membalikkan telapak tangan, begitu dikunjungi, besok dilaksanakan. "Semua itu perlu perencanaan dan pertimbangan sesuai dengan kebutuhan daerah," ujar Ketua DPD Tagana Sumbar ini.

Untuk sampai ke Kampung Jao, dia harus menempuh jalan tanah yang cukup panjang. Dia rela melakukannya demi menjemput aspirasi masyarakat ke pelosok negeri.

Untuk tenaga pendidik, ulas anggota dewan tiga periode ini, didatangkan dari SDN 04 Timpeh, dan secara teknis bagaimana memenuhi kebutuhan guru-guru yang mengajar di sekolah tenda biru itu.

Ia berharap, Kampung Jao yang sudah ditinggal oleh masyarakat cukup lama itu akan kembali maju.(di)