Bengkalis Belajar ke Payakumbuh Soal Mal Palayanan Publik dan Pemekaran

oleh -175 klik
Walikota Payakumbuh Riza Falepi menerima kunjungan Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis Khairul Umam dan rombongan di Balai Kota Payakumbuh, Kamis (04/02/2021). HUMAS
Walikota Payakumbuh Riza Falepi menerima kunjungan Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis Khairul Umam dan rombongan di Balai Kota Payakumbuh, Kamis (04/02/2021). HUMAS

JERNIHNEWS.COM-Ketua DPRD beserta Komisi 1 Bidang Pemerintahan DPRD Kabupaten Bengkalis studi banding ke Pemko Payakumbuh untuk belajar soal Mall Pelayanan Publik (MPP) dan pemekaran kelurahan.

Kunjungan pada Kamis (04/02/2021) disambut oleh Walikota Payakumbuh Riza Falepi, Sekda Ridha Ananda dan Asisten I Bidang Pemerintahan Yufnani Away serta Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Aplimadanar . Pertemuan berlangsung di Balai Kota Payakumbuh.

"Prinsipnya untuk pemekeran kita ingin mengetahui berapa luas serta jumlah penduduk yang ideal untuk satu kelurahan sebab di daerah kami itu jumlah penduduk satu kelurahan ada yang lebih dari 50 ribu jiwa," kata Ketua DPRD Kab. Bengkalis Khairul Umam, sebagaimana dikutip dari portal Pemko Payakumbuh.

Khairul menyebut, kondisi saat ini di Bengkalis, ada kelurahan yang penduduknya mencapai 50 ribu orang, sehingga muncul kekhawatiran pemerintah tidak bisa memberikan layanan maksimal kepada masyarakat.

"Kita lihat di sini dengan jumlah penduduk yang ideal tersebut semua masyarakat dapat terlayani dengan baik. Ditambah lagi dengan adanya Mal Pelayanan Publik, kami rasa itu suatu hal yang harus kami hadirkan di Bengkalis," ujarnya.

Dia berharap dengan kunjungan ini, banyak ilmu yang bisa diperoleh. Pihaknya akan menjadikan Payakumbuh sebagai contoh guna memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Bengkalis.

Menanggapi hal tersebut Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi mengatakan untuk menciptakan kelurahan yang ideal dibutuhkan kerjasama pemerintah dan masyarakat, serta didukung oleh Peraturan Daerah.

"Semua ini tak lepas dari kerja keras kita semua, intinya sinergi antara pemerintah dan masyarakat sangat penting. Kalau masyarakat tidak mendukung program pemerintah tentu kelurahan yang ideal itu tidak bisa diwujudkan," sebut Wako Riza Falepi. (pr)