Komisi III DPRD Sumbar Lirik Aset yang Disewakan SLTA

oleh -201 klik
Gedung Kantor DPRD Provinsi Sumatera Barat. NET
Gedung Kantor DPRD Provinsi Sumatera Barat. NET

JERNIHNEWS.COM-Komisi III DPRD Provinsi Sumatera Barat menargetkan pendapatan lain-lain yang harus dicapai Pemprov Sumbar di tahun 2021 ini sebesar Rp400 miliar lebih. Aset-aset yang disewakan oleh sekolah SMKN dan SMAN di Sumbar turut menjadi perhatian Komisi III sebagai sumber pendapatan daerah.

Ketua Komisi III DPRD Sumbar Afrizal mengatakan saat ini posisi pendapatan lain-lain itu sebesar Rp325 miliar. "Kita minta agar mereka fokus dan mampu menaikkan nya," kata Afrizal, dari Fraksi Partai Golkar, Rabu (03/01/2021) sebagaimana dikutip dari portal DPRD Sumbar.

Afrizal mengatakan kenaikan target ini bukan tanpa alasan. Ada langkah yang dapat dilakukan Pemprov Sumbar, dimana selama ini belum dilakukan karena fokus terhadap dana dari pusat.

"Kita harus jeli melihat potensi yang ada agar pendapatan terus bertambah. Karena alokasi dana dari pusat tahun ini dipastikan berkurang karena pandemi," sebut Afrizal.

Ia mencontohkan tanah bangunan Hotel Novotel di Kota Bukittinggi merupakan aset pemerintah daerah dan dikerjasamakan sehingga menghasilkan pendapatan langsung bagi daerah.

Menurut dia, aset pemerintah provinsi yang cukup banyak dan ini yang coba ditata ulang kembali dan dibuat perjanjian kerja sama untuk menambah penghasilan daerah.

"Selain itu ada bangunan SMKN 2 Padang yang cukup luas dan di atasnya ada minimarket, itu uang sewanya ke mana padahal tanah tersebut adalah milik pemerintah daerah. Kita sudah berkonsultasi dengan Kemendagri terkait hal ini dan aset yang ada dapat dikelola oleh pihak ketiga dan menghasilkan dana untuk daerah," kata dia.

Ada banyak jumlah SMA yang ada di Sumatera Barat dan di sana ada dibangun kafe atau tempat makan yang disewakan kepada pedagang.

"Jika ada regulasi dan uang sewa masuk ke kas daerah tentu cukup besar karena memang berdiri di atas tanah provinsi," tegas dia. (pr)