Bupati Sutan Riska Penerima Vaksin Covid-19 Pertama di Dharmasraya

oleh -142 klik
Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan bersama Forkopimda setelah menerima vaksin di Auditorium Dharmasraya, Senin (01/02/2021). DI
Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan bersama Forkopimda setelah menerima vaksin di Auditorium Dharmasraya, Senin (01/02/2021). DI

JERNIHNEWS.COM-Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Dharmasraya sudah dicanangkan Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Senin (01/02/2021) di Pulau Punjung. Bupati adalah penerima vaksin pertama di Ranah Cati Nan Tigo dan diikuti jajaran Forkopimda.

Dari 140 orang sasaran yang diskrining atau hadir, hanya 105 orang yang bisa divaksin, sedangkan sisanya ditunda dan tidak bisa divaksin.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Yosta Defina, S.Farm, Apt, yang juga Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Dharmasraya, menjelaskan, sebanyak 14 orang dari sasaran ditunda untuk divaksin karena berbagai sebab, begitu pula yang tidak bisa divaksin sebanyak 21 orang.

Yang tidak bisa diberikan vaksin ulasnya, disebabkan oleh Comorbid yang tidak terkontrol, hamil dan menyusui. "Ada yang pernah Covid juga tidak diberikan," kata Plt.Kadis itu.

Penundaan pemberian vaksin terhadap sasaran karena beberapa faktor, seperti tensi tinggi, diberikan obat dulu, atau ada yang demam dan penyebab lainnya.

Ia tidak menyebutkan target dalam pemberian vaksin terhadap sasaran, namun ia menegaskan akan memberikan sesuai dengan target dan sasaran yang dicapai, sedangkan untuk sasaran yang ada di Puskesmas, vaksin juga sudah disalurkan.

Ia menambahkan, untuk penambahan pasien Covid-19 yang ke 532 adalah YP (34), laki-laki pegawai BRI di Kecamatan Koto Baru.

Ia selalu menegaskan agar mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah yaitu cuci tangan pakai sabun, jaga jarak aman dan pakai masker.(di)