Jokowi Usulkan Komjen Sigit Jadi Calon Tunggal Kapolri

oleh -261 klik
Calon Kapolri, Komjen. Pol. Sulistyo Sigit Prabowo. NET
Calon Kapolri, Komjen. Pol. Sulistyo Sigit Prabowo. NET

JERNIHNEWS.COM-Pimpinan DPR resmi menerima surat presiden (surpres) soal penunjukan calon kapolri dari Presiden Jokowi. Surat itu diterima Ketua DPR Puan Maharani. Calon tunggal yaitu Komjen Listyo Sigit Prabowo.

"Surpres telah kami terima dari Bapak Presiden, yang mana Presiden sampaikan usulan nama calon tunggal yaitu Bapak Komjen Listyo Sigit Prabowo yang saat ini Kabareskrim," ucap Puan dalam jumpa pers di gedung DPR, Senayan, Rabu (13/1) sebagaimana dikutip dari Kumparan.

Surat itu dibawa oleh Mensesneg Pratikno ke DPR yang hadir dalam jumpa pers bersama pimpinan DPR. Sigit selanjutnya akan mengikuti proses uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR.

Puan mengatakan Sigit diusulkan Jokowi karena Kapolri saat ini Idham Azis memasuki masa pensiun pada 30 Januari, sehingga pada 1 Februari sudah harus ada nama Kapolri baru.

"Proses akan ditempuh selama 20 hari sejak surat presiden diterima yaitu hari ini Rabu 13 Januari 2021," kata Puan.

"DPR akan menjalankan proses tersebut sesuai ketentuan perundang-undangan dan mekanisme yang berlaku. Dan kita akan dapat segera mengetahui apakah kapolri yang ditunjuk Presiden mendapatkan persetujuan dari DPR," tutupnya. (erz)