Kota Solok dan Kabupaten Solok Dilanda Banjir Hingga 2 Meter

oleh -228 klik
Evakuasi korban banjir. NET
Evakuasi korban banjir. NET

JERNIHNEWS.COM- Meluapnya Batang Lembang membuat sejumlah kawasan di Kota Solok dan Kabupaten SoloK terendam banjir sejak Selasa dinihari (12/1/2021). Di Kabupaten Solok, luapan Batang Lembang menerjang Nagari Kotobaru dan Selayo di Kecamatan Kubung, dan Nagari Muara Panas di Kecamatan Bukit Sundi. Sementara, di Kota Solok, sebanyak 9 dari 13 kelurahan terendam banjir.

Camat Kubung, Ricky Carnova menyebut sekitar 2.000-an warga terdampak banjir . Menurutnya, debit air mulai naik sekira pukul 01.00 WIB dan mencapai puncaknya sekira pukul 03.30 WIB.

"Hujan yang terus mengguyur wilayah Solok membuat banjir menerjang dengan cepat. Puncaknya sekira pukul 03.30 WIB, banjir merendam ratusan rumah warga hingga setinggi dada orang dewasa," kata Ricky, sebagaimana dikutip dari Patronnews.

Selain merendam pemukiman warga, banjir juga merendam ratusan hektare lahan pertanian, kolam ikan, mobil dan sepeda motor. Selain itu berbagai fasilitas umum juga ikut terendam seperti SMPN 1 Kubung, SMAN 1 Kubung, SMK Budi Mulya, Polsek Kubung, SDN 20, SD 05, SDN 28 dan SDN 09 Rawang Sari. Di SDN 09 Rawang Sari tersebut, ketinggian air mencapai 2 meter.

"Hingga kini belum ada informasi korban jiwa akibat bencana banjir tersebut. Namun kerugian materil ditaksir miliaran rupiah. Kami masih melakukan pendataan terhadap warga terdampak banjir," ujarnya.

Kondisi Kota Solok

Sementara itu, sejumlah wilayah di Kota Solok juga terendam banjir sejak Selasa dinihari. Sebanyak 9 kelurahan dari 13 kelurahan yang ada di Kota Solok ikut terendam. Terutama, kelurahan yang dilalui Batang Lembang.

Kabid Rehab Rekon BPBD Kota Solok, Adel Wiratama mengatakan, banjir mulai merendam rumah warga pada Senin (11/1/2021) sekitar pukul 23.30 WIB. Di Kecamatan Lubuk Sikarah, kelurahan yang terendam di antaranya Kelurahan KTK, Kelurahan IX Korong, Kelurahan VI Suku, Kelurahan Sinapa, Kelurahan Aro IV Korong dan Kelurahan Tanah Garam. Sementara di kecamatan Tanjung Harapan, banjir merendam tiga kelurahan di antaranya Kelurahan Tanjung Paku, Kelurahan Nan Balimo dan Kelurahan Koto Panjang.

"Tim gabungan TRC BPBD Kota Solok dan unsur organisasi relawan lainnya sudah bekerja sejak semalam melakukan evakuasi dan pendataan. Saat ini, kebutuhan yang sangat mendesak adalah paket alat pembersih, paket makanan siap saji dan juga matras," ungkapnya. (pr)