Kuliah Daring UNP Berlanjut, Genap 1,5 Tahun Kawasan Air Tawar Lengang

oleh -318 klik
Rektorat Universitas Negeri Padang (UNP) di Jl. Hamka, kawasan Air Tawar Barat, Padang. NET
Rektorat Universitas Negeri Padang (UNP) di Jl. Hamka, kawasan Air Tawar Barat, Padang. NET

JERNIHNEWS.COM-Suasana lengang di kawasan Air Tawar, Kota Padang akan berlanjut hingga Agustus 2021. Ini menyusul keluarnya Surat Edaran Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) No.307/UN35/AK/2020 tanggal 28 Desember 2021 tentang Kegiatan Kampus Semester Januari-Juni 2021 Dalam Rangka Kewaspadaan Pandemi Covid-19. Dengan begitu, maka suasana sepi di kawasan Air Tawar akan genap berlangsung sekitar 1,5 tahun.

Dalam surat edaran yang ditandatangani Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D tersebut dikatakan pelaksanaan perkuliahan teori pada semester Januari-Juni 2021 tetap dilaksanakan secara Fully Daring melalui platform elearning UNP atau platform online lainnya sampai dengan akhir semester.

Sedangkan perkuliahan pratikum di laboratorium bengkel atau worshop atau yang sejenis dapat dilakukan secara tatap muka di kampus dengan tetap melaksanakan dan mematuhi protokol kesehatan.

Sebagian mahasiswa UNP tahun masuk 2020 telah bersiap-siap untuk mengikuti kuliah tatap muka di semester Januari-Juni 2021. Mereka memang sangat berharap kuliah daring segera diganti dengan tatap muka. Bahkan sebagian dari mereka telah kos-kosan. Tapi ternyata di akhir tahun keluar Surat Edaran Rektor UNP yang menyatakan kuliah teori kembali dilaksanakan secara daring atau online.

"Kami kuliah daring lagi. Kuliah kembali dari kampung saja secara online," kata Lina, salah seorang mahasiswa FIS tahun masuk 2020 asal Sumut yang sejak dua pekan terakhir sudah kos di Padang guna mempersiapkan proses perkuliahan tatap muka.

Sedangkan masyarakat selingkungan Air Tawar Barat dan Air Tawar Timur dan sekitar kampus UNP pada umumnya menyambut surat edaran Rektor UNP dengan prihatin. Sebab masyarakat selingkungan kampus UNP sangat berharap di semester ganjil Januari-Juni 2021, perkuliahan tatap muka telah dimulai kembali, sehingga ratusan warung dan juga kos-kosan bisa aktif lagi.

"Kita sudah sangat berharap semester sekarang kuliah tatap muka sudah dimulai kembali. Namun ternyata masih kuliah daring atau online lagi. Kita selaku pedagang dengan suasana sekarang bisa bertahan saja alhamdulillah," kata Zam, salah seorang pemilik rental komputer dan juga toko buku di kawasan Jl. Cendrawasih, Air Tawar Barat, akhir pekan lalu.

Meski Air Tawar sangat lengang, namun Zam masih tetap membuka tokonya. Minimal untuk bayar listrik dan membantu kebutuhan sehari-hari yang dia harapkan, di tengah suasana lengang. "Ya, mau apa lagi. Usaha kita hanya ini. Ada juga kamar kos putri di rumah, tapi mahasiswa pulang kampung semua, sehingga kamar kospun kosong. Semoga situasi seperti cepat berakhir," kata Zam penuh harap.

Sedangkan Zainal, warga Air Tawar Barat lainnya juga sudah sangat berharap kegiatan perkuliahan di Januari-Juni 2021 dilaksanakan secara tatap muka. Dengan begitu belasan kamar kosnya kembali terisi. "Nyaris semua kamar kos kami kosong. Kita sudah harap dimulainya kuliah tatap muka di awal tahun 2021, namun ternyata tidak," kata Zainal.

Kembalinya 40 ribuan mahasiswa UNP melaksanakan kuliah tatap muka secara online, menyebabkan kegiatan perekonomian di seputaran kampus eks IKIP Padang itu laksana mati suri. Ratusan warung, toko, kafe, laundry dan lainnya memilih tutup. Mereka yang membayar kontrak ruko/toko hingga puluhan juta rupiah hanya bisa mengurut dada.

Ratusan kos-kosan mahasiswa di seputaran kampus itu pun kini umumnya kosong. Jangankan malam hari, di siang hari saja, kini kawasan Jl. Belibis, Jl. Parkit, Jl. Gajah, Jl. Cendrawasih dan sekitarnya sangat lengang seperti negeri sehabis perang. Ketika mahasiswa UNP kuliah tatap muka, kawasan air tawar benar-benar ramai, baik pagi, siang, sore hingga malam.

Kesunyian di seputaran Air Tawar tidak hanya berlangsung hingga Juni, tapi sampai pertengahan Bulan Agustus. Karena di Juli hingga awal Agustus adalah jadwal libur panjang semester genap. Suasana lengang itu genap menjadi 1,5 tahun, karena kuliah daring sudah dimulai sejak Bulan Meret 2020 lalu. (erz)