Lampu PJU Banyak Mati, Jalan ke BIM Gelap Gulita

oleh -147 klik
Jalan Mr. Sutan Moh. Rasyid, akses utama menuju Bandara Internasional Minangkabau (BIM) yang gelap gulita di malam hari karena mayoritas lampu PJU tidak menyala alias mati. ERZ
Jalan Mr. Sutan Moh. Rasyid, akses utama menuju Bandara Internasional Minangkabau (BIM) yang gelap gulita di malam hari karena mayoritas lampu PJU tidak menyala alias mati. ERZ

JERNIHNEWS.COM- Bagi anda yang berkendaraan di malam hari ke arah Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Kabupaten Padang Pariaman mesti ekstra hati-hati. Pasalnya Jalan Mr. Sutan Moh. Rasyid itu gelap gulita. Lampu penerangan jalan umum (PJU) di sepanjang jalan itu 90 persen mati alias tidak menyala.

"Harus ekstra hati-hati. Lampu jalannya banyak yang mati. Kondisinya gelap gulita di malam hari. Sangat rawan kecelakaan, karena rata-rata kendaraan melaju kencang," kata Muslim, salah seorang warga Padang yang sering melewati ruas jalan ini, Minggu (10/01/2021).

Menurut Muslim, jalan menuju BIM yang benar-benar gelap gulita di malam hari. Kondisi itu tidak menggambarkan bahwa jalan tersebut adalah akses utama menuju bandara internasional kebanggaan masyarakat Sumatera Barat .

"Padahal Bandara BIM yang terletak di Nagari Ketaping, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman itu sama halnya dengan berandanya Ranah Minang. Selain rawan kecelakaan, juga berpotensi dalam hal gangguan keamanan. Semestinya ini menjadi perhatian Pemkab Padang Pariaman, pengelola bandara dan pihak-pihak terkait lainnya. Bahkan bagi Pemprov Sumbar ini semestinya menjadi perhatian serius," sebutnya.

Karena kondisi ini telah berlangsung cukup lama, dia menduga ada persoalan yang tidak duduk antara Pemkab Padang Pariaman dengan pengelola bandara. "Mungkin komunikasinya tidak lancar antara kedua belah pihak. Semestinya hal seperti ini hal tidak boleh terjadi. Kita selaku masyarakat meminta supaya segera dibenahi. Jangan menunggu hal-hal yang tidak diinginkan terjadi dulu," katanya menegaskan.

Pantauan jernihnews.com, Minggu (11/01/2021), jalan dari Jembatan Fly Over Simpang Duku hingga gerbang BIM sebagian besar gelap gulita. Ada lampu PJU yang hidup tapi hanya beberapa saja. Lebih dari 90 persen, kondisi lampu mati. Panjang jalan yang gelap gulita ini sekitar 3 km. Pada beberapa bagian, di kiri dan kanan jalan, belum ada bangunan apa pun, sehingga tidak ada sumber cahaya lain yang dapat sedikit menerangi jalan dua jalur tersebut.

Penerbangan di BIM sebagian ada yang malam hari dan ada yang pagi subuh. Dengan begitu banyak orang yang keluar masuk bandara melewati jalan Mr Sutan Moh. Rasyid ini saat malam hari mesti melintas di tengah gelap gulita. (erz)