Ranah Minang Berduka, H. Boy Lestari Wafat Susul Istri Tercinta

oleh -502 klik
H. Boy Lestari Dt.Palindih, yang baru saja meninggal dunia, Sabtu (09/01/2021) pukul 05.50 WIB di RUSP M. Djamil, Padang. NET
H. Boy Lestari Dt.Palindih, yang baru saja meninggal dunia, Sabtu (09/01/2021) pukul 05.50 WIB di RUSP M. Djamil, Padang. NET

JERNIHNEWS.COM-Innalillahi Wainaillahi Raajiuun. Ranah Minangkabau kehilangan salah seorang putra terbaiknya. H. Boy Lestari Dt Palindih berpulang ke ramatullah, Sabtu (09/01/2021) pukul 05.50 WIB di RSUP M. Djamil, Padang. Padahal Ketua Gebu Minang Sumbar itu, baru kehilangan istrinya Indo Rianti, yang enam hari yang lalu dipanggil Sang Khalik.

Boy Lestari saat menghadiahkan bukunya berjudul Mencari Ridha Allah kepada Presiden Jokowi saat berkunjung ke Sumbar tahun 2016. NET
Boy Lestari saat menghadiahkan bukunya berjudul Mencari Ridha Allah kepada Presiden Jokowi saat berkunjung ke Sumbar tahun 2016. NET

Kabar tentang wafatnya, H. Boy Lestari yang selama ini juga sering dibicarakan sebagai preman yang insyaf, banyak beredar di berbagai media sosial sejak pagi hari.

Salah satu baliho H. Boy Lestari Dt. Palindih yang mudah ditemukan oleh warga Kota Padang. Boy adalah pemilih usaha advertising PT. Buana Lestari. NET
Salah satu baliho H. Boy Lestari Dt. Palindih yang mudah ditemukan oleh warga Kota Padang. Boy adalah pemilih usaha advertising PT. Buana Lestari. NET

Pria yang saat meninggal di usia 62 tahun tersebut memang sempat kritis di RSUP M Djamil Padang akibat terpapar Covid-19. "Innalillahi wainna illahi rajiun, telah meninggal dunia orang tua kami H Boy Lestari Dt Palindih pada pukul 05.50 wib di RS Djamil Padang," tulis Corry Lestari, anak dari Boy, sebagaimana dikutip dari Forum Sumbar.

Boy Lestari dimakamkan berdampingan dengan makam istrinya di pemakaman keluarga di Komplek Perum Batang Kabung, Kecamatan Koto Tangah, Padang.

Semasa hidupnya, almarhum Boy Lestari adalah pengusaha advertising yang sukses dengan perusahaannya PT Buana Lestari. Kemudian mendirikan hotel dan penitipan mobil di kawasan Bandara Internasional Minangkabau (BIM).

Almarhum Boy Lestari juga bergiat dalam bidang keagamaan dan kemasyarakatan. Di bidang keagamaan almarhum adalah pengurus Tarbiyah Islamiyah, dan juga memiliki kelompok zikir. Sementara di bidang kemasyarakatan, dia diamanahkan menjadi Ketua DPW Gebu Minang Sumbar dan banyak organisasi lainnya.

Almarhum Boy Lestari Dt Palindih yang dekat dengan semua kalangan ini juga seorang ninik mamak di kampungnya Canduang Kabupaten Agam.

Boy adalah Ketua Majelis Dzikir Babussalam. Ia mendirikan PT Buana Lestari Advertising yang bergerak di bidang percetakan dan periklanan.

Dikutip dari Wkipedia, Boy Lestari lahir dalam suasana yang serba berkesusahan. Ia lahir di Dusun Kapecong, Jorong Halalang, Kenagarian Kamang Mudiak, Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam.

Ayahnya seorang "dukun kampung" yang berusaha keras menghidupi keluarganya. Mula-mula Muhammad Nazir atau Boy kecil bersekolah di Madrasah Tarbiyah Islamiyah (MTI) Kapecong selama 7 tahun. Setelah itu mulailah petualangan hidupnya di Kota wisata Bukittinggi.

Ia pernah menjadi penjual karcis bioskop, petinju amatir yang berbaku hantam tiap malam, peragawan, dan public relation.

Setelah menjalani kehidupan yang keras di "Kota Jam Gadang", dia pun hijrah ke Kota Padang. Atas jasa seorang pengusaha, ia belajar mengelola bisnis. Kemajuan bisnisnya semakin menanjak ketika ia berkenalan dengan Siswono Yudohusodo yang membuka lapangan golf resort Anai di Padang Pariaman. Boy ditunjuk menjadi marketing pada perusahaan tersebut.

Di tahun 1990, Boy Lestari membuka usaha periklanan dan terus berkembang sampai sekarang.

Boy Lestari pernah menghadiahkan buku biografinya yang berjudul Mencari Ridha Allah kepada Presiden Joko Widodo saat Presiden berkunjung ke Sumatra Barat tahun 2016.

Boy Lestari dilantik sebagai Ketua DPD Pejuang Bravo Lima (PBL) Sumatra Barat periode 2020-2025 oleh Jenderal Fachrul Razi di Auditorium Kantor Gubernur Sumatra Barat, 14 November 2020.

Boy Lestari meninggalkan tiga orang anak, yakni Cory Lestari, Wahyu Lestari, dan Sherly Lestari, serta empat orang cucu.

Ribuan ucapan duka cita disampaikan melalui media sosial oleh masyarakat Sumbar, baik di perantauan atau pun di kampung halaman dan oleh berbagai pihak lainnya.

"Selamat jalan Buya Boy Lestari Dt. Palindih. Semoga husnul khatimah dan keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran," amiin. (erz)