Sambut Tahun Baru, Semua Tempat Wisata Payakumbuh Tutup

oleh -291 klik
Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi, ST, MT.
Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi, ST, MT.

JERNIHNEWS.COM-Walikota Payakumbuh Riza Falepi menerbitkan surat himbauan sehubungan dengan pergantian tahun 2020 ke 2021. Melalui surat himbauan Nomor : 51/39/WK/Pyk/2020, semua tempat wisata di Kota Randang ini ditutup selama 24 jam, mulai Kamis (31/12/2020) pukul 14.00 WIB sampai dengan Jumat (01/01/2021) pukul 14. 00 WIB.

Surat himbauan Walikota Payakumbuh ini telah beredar luas. Para guru TK, SD, SLTP dan SLTA juga turut serta menyebarluaskannya, terutama ke seluruh murid atau siswa dan orang tuanya. Demikian pula niniak mamak, alim ulama, tokoh masyarakat juga diminta menyebarluaskan surat himbauan tersebut.

Di objek-objek wisata di Kota Payakumbuh juga telah dipasangi spanduk soal himbauan dan pemberitahuan tentang penutupan tempat wisata itu sehubungan dengan pergantian tahun yang akan tiba dua hari lagi. Di kawasan wisata baru Batam Agam, tampak beberapa spanduk telah dipasang sejak, Senin (28/12/2020).

Riza juga menghimbau masyarakat Kota Payakumbuh agar tidak mengadakan perayaan pergantian tahun baru masehi 2021 dalam bentuk apapun yang dapat menciptakan kerumunan atau konvoi kendaraan.

"Kami sudah meminta aparat keamanan untuk meningkatkan patroli dan pengawasan terhadap tempat-tempat yang berkemungkinan dilakukan perayaan malam tahun baru masehi 2021," kata Wako Riza Falepi, Senin (28/12), sebagaimana dikutip dari Humas Pemko Payakumbuh.

Selain itu, kepada pemilik/pengelola tempat hiburan cafe/restoran, Wako Riza Falepi melarang mengadakan kegiatan khusus yang berkaitan dengan pergantian tahun baru 2021, serta tetap mematuhi Protokol Kesehatan pencegahan Covid-19.

"Pokoknya saya melarang aktifitas perayaan tahun baru, apapun bentuknya yang mendatangkan keramaian, lebih baik di rumah saja dan kita sama-sama bermuhasabah diri," kata Riza.

Wako dua periode ini berpesan kepada orangtua agar memberikan pemahaman dan melakukan pengawasan kepada keluarganya agar terhindar dari dampak negatif dan perilaku maksiat serta hura-hura dalam pergantian tahun baru.

"Ketua RT, Ketua RW, Ketua LPM dan Lurah se-Kota Payakumbuh kita minta pro aktif untuk menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan di wilayah masing-masing. Kepada Ninik Mamak, Alim Ulama dan tokoh masyarakat untuk membantu mensosialisasikan himbauan kami ini dalam rangka mendukung Payakumbuh bebas dari maksiat dan semakin aman dari penyebaran Covid-19," pungkas Riza. (pr)