Alhamdulillah, Padang Kini Zona Kuning Bersama 8 Daerah Lainnya

oleh -317 klik
Tabel zonasi daerah kabupaten/kota di Sumbar dalam kasus Covid-19. Kota Padang kini masuk zona kuning. JNC
Tabel zonasi daerah kabupaten/kota di Sumbar dalam kasus Covid-19. Kota Padang kini masuk zona kuning. JNC

JERNIHNEWS.COM-Setelah berbulan-bulan Kota Padang berada di zona merah dan orange Covid-19, kini alhamdulillah Ibukota Sumatera Barat ini telah memasuki zona kuning, dengan resiko sedang. Baru hanya 9 kota/kabupaten di Sumbar yang berada di zona kuning. Sedangkan 10 lainnya masih zona orange. Tidak ada lagi yang berada di zona merah, dan belum ada pula yang masuk dalam zona hijau. Pengusaha Sumbar, Zulheri Rani, menyambut gembira kabar baik ini.

Kadis Kominfo Sumbar, Jasman Rizal
Kadis Kominfo Sumbar, Jasman Rizal

"Syukur Alhamdulilah. Tentu ini adalah hasil kerja keras dan kepedulian luar biasa semua pihak, baik pemerintah atau pun masyarakat. Kita juga sangat mengapresiasi kinerja tenaga kesehatan," kata Ganeral Manager (GM) PT. Karya Suka Abadi, Minggu (27/12/2020) di Padang.

Informasi perkembangan zonasi Covid-19 kota/kabupaten di Sumbar disampaikan oleh Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal yang juga Kadis Kominfo, Sumbar melalui rilisnya, pagi ini.

Baca Juga

Dikatakan Jasman, berdasarkan hasil perhitungan 15 indikator data onset pada minggu ke-42 pandemi covid-19 di Sumatera Barat oleh Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Barat, maka mulai tanggal 27 Desember 2020 sampai tanggal 02 Januari 2021, maka ditetapkan bahwa tidak ada daerah kabupaten/kota di Sumbar yang berada di zona merah Covid-19. Skor untuk daerah merah (08-1,8). Sedangkan 10 daerah berada pada zona orange dengan skor (1,81 - 2, 40). Berikutnya sebanyak 8 daerah kabupaten/kota masuk dalam zona kuning dengan skor (Skor 2,41 - 3,0). Sedangkan zona hijau dengan kondisi tidak ada lagi kasus Covid-19, belum ada daerah di Sumbar yang masuk dalam zona tersebut. Berikut ini, rinciannya:

Zona Merah dengan Resiko Tinggi (Skor 0 - 1,8)

Tidak ada daerah yang berada dalam zona ini.

Zona Orange dengan Resiko Sedang (Skor 1,81 - 2,40)

  1. Kab. Tanah Data (skor 2,39)
  2. Kota Solok (skor 2,34)
  3. Kab. Agam (skor 2,30)
  4. Kab. 50 Kota (skor 2,28)
  5. Kab. Pesisir Selatan (skor 2,27)
  6. Kab. Padang Pariaman (skor 2,25)
  7. Kab. Solok (skor 2,24)
  8. Kota Padang Panjang (skor 2,17)
  9. Kab. Sijunjuang (skor 2,13)
  10. Kab. Solok Selatan (skor 2,09)

"Dengana catatan, yang paling rendah skornya itu adalah Kabupaten Solok Selatan. Padahal sebelumnya Kabupaten Solok Selatan selalu berada pada posisi terbaik (skor tertinggi) dalam penanganan covid-19 di Sumatera Barat. Sebaiknya Kabupaten Solok Selatan kembali melakukan test PCR secara masif kepada semua stakeholder kemasyarakatan. Kita harapkan semua Kabupaten dan Kota lebih mengintesifkan pemeriksaan sample kepada warganya yang bertujuan agar penyebaran dan penangananan covid-19 dapat lebih baik lagi," kata Jasman Rizal.

Zona Kuning dengan Resiko Rendah (Skor 2,41 - 3,0)

  1. Kab. Dharmasraya (skor 2,58)
  2. Kota Bukittinggi (skor 2,55)
  3. Kota Payakumbuh (skor 2,48)
  4. Kota Pariaman (skor 2,46)
  5. Kota Padang (skor 2,44)
  6. Kab. Kep. Mentawai (skor 2,43)
  7. Kab. Pasaman (skor 2,43)
  8. Kota Sawahlunto (skor 2,42)
  9. Kab. Pasaman Barat (skor 2,42)

Melihat skor di atas, pada minggu ke 41 pandemi covid-19 di Sumbar, Kota Padang telah memasuki zona kuning dengan resiko rendah. Ini merupakan kemajuan yang luar biasa, setelah sebelumnya Kota Padang selama lebih dari 6 bulan menjadi daerah yang berzonasi oranye dan bahkan pernah berada pada zona merah beberapa pekan.

"Hal ini menunjukkan pengelolaan pemutusan mata rantai penyebaran covid-19 di Kota Padang telah berada pada jalur yang benar dan penangannya tepat sasaran," sebut Jasman.

Kabupaten Sijunjung dan Kota Payakumbuh juga mengalami peningkatan yang signifikan dalam mengatasi penyebaran covid-19 di minggu ke-40 pandemi di Sumatera Barat. Kabupaten Kepulauan Mentawai masih mempertahankan sebagai satu-satunya di Sumatera Barat yang belum ada kasus kematian di daerahnya.

Zona Hijau (Tidak Ada Kasus)

Kategori zona hijau tidak ada tercatat penambahan kasus covid-19 dalam 1 bulan terakhir dan jika ada yang positif telah sembuh seluruhnya serta tidak ada kasus meninggal 1 bulan terakhir. Tidak ada daerah kabupaten/kota di Sumbar yang masuk dalam zona hijau.

"Dengan telah ditetapkannya status zonasi daerah pada minggu ke-42 ini, diminta Kabupaten Kota segera menyesuaikan segala aktivitas di daerahnya dengan protokol masing-masing zona. Hal ini bertujuan agar penyebaran covid-19 dapat lebih bisa dikendalikan," kata Jasman menandaskan. (pr)