Jokowi Akan Kenalkan Menteri Baru

oleh -247 klik
Presiden RI, Joko Widodo. NET
Presiden RI, Joko Widodo. NET

JERNIHNEWS.COM-Presiden Jokowi rencananya bakal mengumumkan reshuffle kabinet pada Rabu, 23 Desember 2020. Sejumlah calon menteri baru dikabarkan telah dipanggil Jokowi mulai hari ini.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengungkapkan Jokowi akan memperkenalkan siapa saja calon-calon menteri barunya pada Selasa (22/12).

"Tentunya akan diperkenalkan kepada publik oleh bapak presiden," ucap Heru kepada wartawan, Senin (21/12) sebagaimana yang dikutip dari Kumparan.

Terkait siapa nama-nama yang akan dipanggil ke Istana, ia enggan membeberkannya. Yang ia tekankan, para calon menteri tersebut bisa diperkenalkan pagi atau siang hari. "Yang waktunya menyesuaikan waktu Bapak Presiden, bisa pagi atau siang," kata dia.

Wacana reshuffle kabinet sudah berembus kencang dalam beberapa pekan terakhir ini. Ada sumber yang menyebut 6 calon menteri dipanggil Jokowi ke Istana. Tetapi, ada pula sumber lain yang menyebut tidak hanya 6 calon menteri, tapi ada 8 nama.

Kemungkinan skemanya adalah memanggil satu per satu calon menteri ke Istana, seperti saat penunjukan menteri di awal penyusunan kabinet.

Sejumlah menteri Kabinet Indonesia disebut akan direshuffle yakni Menkes Terawan Agus Putranto, Menag Fachrul Razi hingga Mendag Agus Suparmanto. Selain itu, posisi Menteri Sosial dan Menteri Kelautan dan Perikanan yang kosong juga akan diisi. (pr)