Bupati Solok Gusmal Mohon Pamit di Jumpa Pers Terakhir

oleh -359 klik
Bupati Solok Gusmal saat jumpa pers, Kamis (05/11/2020) di Aro Suka, Solok. JON
Bupati Solok Gusmal saat jumpa pers, Kamis (05/11/2020) di Aro Suka, Solok. JON

JERNIHNES.COM -Bupati Gusmal menggelar jumpa pers untuk yang terakhir kalinya dengan puluhan wartawan Kabupaten Solok, baik cetak/elektronik di Ruang Pertemuan Solok Nan Indah di Arosuka, Kamis (5/11/2020).

Jumpa pers yang dilaksanakan setelah acara peresmian Gedung Sekretariat Daerah yang baru, yang menghabiskan anggaran Rp44 miliar oleh Bupati Gusmal di Arosuka itu, dihadiri Sekda Kabupaten Solok Aswirman, Kabag Humas Syofiar Syam dan Ketua PWI Kabupaten Solok Riswan Jaya, SH.

"Apabila setelah acara jumpa pers ini tidak ada lagi jadwal jumpa pers dengan wartawan di sisa waktu tiga bulan ke depan, maka jumpa pers hari ini adalah jumpa pers terakhir saya dengan seluruh wartawan Kabupaten Solok, " tutur Bupati Gusmal dalam sambutannya di acara itu.

Karena ujar Bupati Gusmal mngemukakan, sisa masa jabatannya ke depan hanya tinggal tiga setengah bulan lag dani akan berakhir awal Februari 2021.

"Apabila ini jumpa pers yang terakhir saya sebagai Bupati, maka saya menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh rekan-rekan wartawan apabila ada perilaku saya yang kurang berkenan selama saya menjabat sebagai Bupati Solok," tutur Bupati Gusmal.

Usai menyampaikan permohonan maafnya kepada Wartawan Kabupaten Solok, di kesempatan itu Bupati Gusmal mengatakan, bahwa bangunan Gedung Kantor Bupati yang lama, akan dipergunakan sebagai Mall Pelayanan Publik (MPP).

Mall Pelayanan Publik ini ujar Bupati, merupakan tempat berlangsungnya kegiatan atau aktifitas penyelenggaraan pelayanan publik. Atas barang, jasa dan /atau pelayanan administrasi yang merupakan perluasan fungsi pelayanan terpadu baik pusat maupun daerah.

Serta pelayanan BUMN/BUMD dan swasta, dalam rangka menyediakan pelayanan yang cepat, mudah, terjangkau, aman dan nyaman. Sedangkan halaman depan gedung lama, akan dijadikan sebagai lokasi parkir kendaraan.

"Sehingga di halaman depan gedung Sekretariat Daerah yang baru nantinya tidak ada lagi kendaraan yang parkir di lokasi itu," kata Bupati Gusmal.

Gusmal terpilih menjadi Bupati Solok periode kedua (2015-2020) berpasangan dengan Yulfadri Nurdin selaku Wakil Bupati. Terpilihnya Gusmal sebagai Bupati Solok untuk periode kedua sungguh fenomenal. Karena sebelumnya, Gusmal pernah menjalani hukuman dalam tuduhan kasus korupsi dalam periode pertama menjabat Bupati Solok (2005-2010).

Banyak pro dan kontra dalam kasus itu. Tak sedikit yang yakin bahwa Gusmal tak bersalah. Banyak juga yang menganggap Gusmal berhasil di dalam memimpin Kabupaten Solok periode pertama. Mungkin itu pula yang menjadi alasan bagi masyarakat Kabupaten Solok memberikan amanah untuk periode kedua kepada Gusmal, saat politisi senior itu memutuskan kembali ke gelanggang politik dan berpasangan dengan Yulfadri Nurdin.

Di periode kedua menjadi Bupati Solok, Gusmal memberikan kado istimewa kepada masyarakat Kabupaten Solok berupa bangunan Kantor Sekretarit Pemkab Solok yang kelak menjadi kebanggaan daerah yang dikenal dengan bareh solok tersebut. Wabup Yulfadri Nurdin yang mendampingi Gusmal selama lima tahun terakhir, kini tengah ikut berkompetisi di Pilbup Solok berpasangan dengan Nofi Chandra. (jon)