Sudah 80 Perguruan Tinggi Ajukan Izin Fakultas Kedokteran

oleh -245 klik
Prof. Ir. Nizam, MSc, PhD, Dirjen Dikti Kemendikbud RI. NET
Prof. Ir. Nizam, MSc, PhD, Dirjen Dikti Kemendikbud RI. NET

JERNIHNEWS.COM-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia,(Kemdikbud), menerima pengajuan izin pembukaan Fakultas Kedokteran (FK) dari 80 perguruan tinggi. Namun, menurut Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Nizam, hingga saat ini pengajuan izin pembukaan FK lokasinya selalu ada di kota besar.

Hingga saat ini, tak ada perguruan tinggi yang membuka di daerah pelosok yang padahal paling membutuhkan FK. "Padahal, pendidikan dokter kan semangatnya untuk kemanusiaan. Ini tantangan kami agar FK bisa dibuka hingga ke pelosok," ujar Nizam di acara Sidang Terbuka Senat FK Unisba dalam Rangka Memperingati Milad ke-16 FK, Senin (26/10).

Nizam mengatakan, saat ini biaya pendidikan FK pun sangat mahal. Sehingga, Perguruan Tinggi banyak yang menjadikan FK sebagai sumber pendanaan untuk menyubsidi fakultas lain yang tak laku. "Itu tak baik harusnya FK tak jadi subsidi silang karena mahal. Harusnya fakultas lain juga bisa membiayai dirinya sendiri," katanya.

Nizam berharap, pendidikan dokter mendapatkan pengawalan ketat agar kompeten dalam melayani. Salah satunya, untuk menjaga mutu fakultas kedokteran dengan memberlakukan kuota secara nasional. "Pendidikan kedokteran perlu sumber daya manusia yang baik. Dengan sistem kuota, pendidikan dokter terkawal baik," katanya sebagaimana dikutip dari Republika. (pr)