Pesona Membelah Kabut Puncak Marajo Payakumbuh

oleh -876 klik
Puncak Marajo di perbukitan Ngalau Indah Payakumbuh
Puncak Marajo di perbukitan Ngalau Indah Payakumbuh

Puncak Marajo, begitulah namanya. Bagi Anda yang berwisata ke Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota, akan rugi jika tak berkunjung ke tempat ini. Teristimewa saat waktu pagi hari Minggu. Ya, jika tidak hujan, setiap pagi Minggu ratusan warga Luak Limopuluah bercampur dengan wisatawan jogging ke Puncak Marajo. Membelah kabut sembari mengeluarkan keringat. Segeerrr...

Kabut embun yang tipis melengkapi pesona keindahan pendestrian Puncak Marajo. ERZ
Kabut embun yang tipis melengkapi pesona keindahan pendestrian Puncak Marajo. ERZ

Puncak Marajo masih bagian dari Perbukitan Ngalau Indah, Koto Nan Ampek, Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh. Jaraknya hanya sekitar 3 kilometer saja dari Pasar Payakumbuh ke arah Kota Bukittinggi. Wisatawan yang hendak pergi ke Puncak Marajo, masuk dari gerbang Wisata Ngalau Indah.

Staglaktit dan Staklamit di  Goa Ngalau Indah indah yang menawan. NET
Staglaktit dan Staklamit di Goa Ngalau Indah indah yang menawan. NET

Bagi Anda yang jogging santai, hanya dibutuhkan waktu sekitar setengah jam saja dari Gerbang Objek Wisata Ngalau Indah ke mulut Goa Ngalau Indah. Tanjakannya memang lumayan menantang. Namun, jogging di tengah kesejukkan pagi membuat tubuh terasa segar. Apalagi udaranya masih asri. Pohon-pohon rindang tumbuh di kiri dan kanan jalan.

Akses menuju Puncak Marajo ada tiga. Pertama, jalur yang separoh melingkari Bukit Ngalau Indah. Jalannya bertangga semen selebar 1 meter. Namun, karena udaranya sering basah dan pohonnya rindang jalan tangga tembok itu agak licin. Anda harus ekstra hati-hati.

Merek Objek Wisata Goa Ngalau Indah. Net
Merek Objek Wisata Goa Ngalau Indah. Net

Kedua, jalur menuju Puncak Marajo melalui Goa Ngalau Indah. Anda mesti masuk ke dalam goa. Inilah jalur yang menawarkan pesona yang komplit. Jika Anda berfoto di area parkiran Goa Ngalau Indah dengan latar belakang tangga menuju mulut goa, Anda terasa seperti berada di Destinasi Wisata Batu Caves Selangor Malaysia. Bedanya, di Objek Wisata Ngalau Indah tangga menuju mulut goa tidak banyak dan tak besar . Juga tidak ada kuil hindu dan patung dewa murugan setinggi 43 meter.

Suasana jogging dan maraton di Kawasan Wisata Ngalau Indah yang selalu ramai. ERZ
Suasana jogging dan maraton di Kawasan Wisata Ngalau Indah yang selalu ramai. ERZ

Begitu berada di mulut goa, Anda langsung disambut bunyi burung walet yang bersarang di langit-langit goa. Karena Pemko Payakumbuh melengkapi goa ini dengan penerangan lampu listrik, maka keindahan stalagmit dan stalaktit di gua ini langsung tersuguhkan buat Anda. Lapisan-lapisan batu yang seperti ukiran berdaya seni tinggi yang mungkin sudah berusia jutaan tahun membuat Anda takjub.

Stalagmit dan stalaktit itu terbentuk oleh proses alam. Batu-batu stalaktit tampak tergantung di langit-langit goa dengan ujung runcingnya mengarah ke bawah. Sedangkan batu-batu stalagmit yang indah ujung-ujungnya yang runcing mengarah ke atas. Semua terbentuk melalui proses tetesan air yang sangat lama.

Berikutnya pengunjung bisa menelusuri jalan dan tangga di dalam goa. Pada semua sisi goa, keindahan bebatuannya menakjubkan. Begitulah luar biasanya karya Sang Maha Pencipta. Sesi foto-foto di dalam goa juga asyik. Cukup banyak spot-spot menarik yang tentu saja tidak bisa ditemukan di luar goa.

Hanya sekitar 200 meter, Anda bisa sampai di salah satu pintu keluar goa menuju jalan pendestrian ke Puncak Marajo. Dari ujung goa ini tanjakan tangga dan jalannya tidak terlalu menantang. Pengunjung bisa jogging dengan rileks. Yang tak kalah mempesona, jalan pendestrian di Perbukitan Marajo ini menjelang pukul 08.00 WIB masih diselimuti kabut embun tipis. Berfoto di pendestrian ini mengesankan Anda sedang berkunjung di negeri yang indah di atas awan. Suasana asrinya masih begitu terasa. Bagi pengunjung yang ingin rehat sejenak, Pemko Payakumbuh juga membangun gazebo di bagian ini. Hanya sejenak lagi, Anda tiba di Puncak Marajo yang ditandai dengan mereknya yang kini telah terbuat dari besi. Dulu hanya dari kayu, sangat sederhana. "Puncak Marajo ini memang luar biasa," kata Faruq salah seorang yang berkunjung ke puncak ini beberapa hari yang lalu sembari jogging.

Hingga pukul 08.00 WIB, Anda masih serasa berada di atas awan. Pemandangan masih berkabut. Jarak pandang masih sangat terbatas. Jika ingin melihat pemandangan lepas ke arah Pusat Kota Payakumbuh dan arah Gunung Bungsu, Lembah Harau dan Bukit Bulat Taram, Anda perlu menunggu sampai sekitar pukul 09.00. Pemandangan 200 derajat begitu lepas. Sesi foto-foto di Puncak Marajo juga sangat asyik. Banyak spot-spot hebat.

Jika telah puas, dan perut mulai keroncongan silakan turun. Bisa kembali melalui akses jalan melewati Goa Ngalau Indah atau memutar tanpa masuk ke goa. Atau melalui jalur alternatif ketiga, yang tibanya nanti dekat kawasan Kolam Renang Medan Nan Bapaneh Ngalau Indah.

Istimewanya, Objek Wisata Ngalau Indah memiliki fasilitas yang lengkap dan banyak pilihan. Ada Goa Ngalau, Puncak Marajo, beberapa Panorama, kolam renang, arena bermain anak, dan juga pusat oleh-oleh yang terdiri aneka makanan, pakaian, souvenir dan lainnya. Anda yang ingin sarapan atau pun makan berat, di Medan Nan Bapaneh Ngalau Indah juga tersedia pilihan aneka kuliner.

Namun bagi yang ingin makan berat atau pun sarapan dengan kuliner yang terkenal di Payakumbuh, Anda juga punya pilihan-pilihan tempat yang tak jauh. Seperti Kedai Nasi Guru atau Nanak di Pasar Payakumbuh. Atau juga Gulai Pangek Situjuah, atau juga Ikan Bakar Mak Syaf di Simalanggang serta kuliner Spesialis Gulai Telur Ikan di Simpang Tanjung Anau Payakumbuh Utara. Bagi Anda yang hanya ingin makan yang lebih ringan, ada pilihan lain, seperti Sate Danguang-Danguang, Sate Madura Rina, Martabak Mesir H. Wan atau juga cendol dan lainnya. Kuliner rendang jangan pernah dilupakan. Payakumbuh merupakan pusat dari kuliner terenak di dunia tersebut.

Bagi Anda dari luar Kota Payakumbuh atau provinsi lain di luar Sumbar yang benar-benar ingin jogging ke Puncak Marajo, pada Minggu pagi, sebaiknya menginap di hotel-hotel yang ada di sekitar Objek Wisata Ngalau Indah. Jika hotel-hotel terdekat full booking, Anda bisa bergeser di hotel-hotel yang berada dekat pusat Kota Payakumbuh. Atau Anda juga bisa punya pilihan tempat menginap lainnya, seperti di Hotel Mangkuto dan Hotel Kolivera atau pun juga di homestay-homestay di Lembah Harau. Selamat berkunjung ke Puncak Marajo. Kunjungan terbaik ke Kota Payakumbuh momennya selama Bulan Desember 2020, karena bertepatan dengan peringatan HUT Kota Payakumbuh ke-50. Banyak iven-iven menarik yang digelar oleh Pemko Payakumbuh di HUT Emas kota yang dipimpin Walikota Riza Falepi dengan tajuk Payakumbuh Baralek Gadang. (yon erizon)