Kampus Prodi Kuliner Minang UNP Segera Berdiri di Payakumbuh

oleh -404 klik
Rektor UNP Prof. Genefri, Ph.D dan para Wakil Rektor serta sejumlah Dekan UNP saat mengunjungi Sentra IKM Rendang IKM Kota Payakumbuh di kawasan Padang Kaduduk. Rombongan Rektor UNP disambut oleh Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz yang didampingi sejumlah OPD, Camat dan Lurah. Kunjungan tersebut merupakan rangkaian persiapan teknis dibukanya kampus Prodi Kuliner Minang UNP di Kota Payakumbuh, Minggu (27/09/2020). ERZ
Rektor UNP Prof. Genefri, Ph.D dan para Wakil Rektor serta sejumlah Dekan UNP saat mengunjungi Sentra IKM Rendang IKM Kota Payakumbuh di kawasan Padang Kaduduk. Rombongan Rektor UNP disambut oleh Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz yang didampingi sejumlah OPD, Camat dan Lurah. Kunjungan tersebut merupakan rangkaian persiapan teknis dibukanya kampus Prodi Kuliner Minang UNP di Kota Payakumbuh, Minggu (27/09/2020). ERZ

JERNIHNEWS.COM- Pemko Payakumbuh dan Universitas Negeri Padang (UNP) semakin mempermantap kerja samanya. Kedua institusi tersebut tahun lalu telah menyepakati bekerja sama membuka kampus Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) Program Studi Kuliner Minang di Payakumbuh, tepatnya di kawasan Padang Kaduduk. Kerja sama ditandai dengan penandatanganan MoU oleh Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D dan Walikota Payakumbuh Riza Falepi, ST, MT.

Rektor UNP Ganefri dan rombongan bersama Wawako Payakumbuh Erwin Yunaz dan tim OPD. ERZ
Rektor UNP Ganefri dan rombongan bersama Wawako Payakumbuh Erwin Yunaz dan tim OPD. ERZ

Pada Minggu (27/09/2020), Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D berserta para Wakil Rektor dan beberapa dekan se-UNP berkunjung ke bangunan dan lahan yang akan dijadikan sebagai ruang kuliah PSDKU Prodi Kuliner Minang UNP di kawasan Padang Kaduduk, Kecamatan Payakumbuh Utara, Kota Payakumbuh. Rombongan tersebut disambut oleh Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz, SE, MM, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh Ir. Wal Asri, Camat Payakumbuh Utara Desfitawarni, Lurah Padang Kaduduk Mulniyetti dan lainnya.

Rombongan Rektor UNP juga diajak oleh Wawako Payakumbuh Erwin Yunaz melihat secara langsung berbagai fasilitas yang tersedia pada Sentra IKM Rendang yang nantinya digunakan sebagai workshop/dapur praktik mahasiswa PSDKU Prodi Kuliner Minang UNP. Rektor UNP dan para Wakil Rektor serta beberapa dekan tersebut diajak menjejal semua ruangan Sentra IKM Rendang Payakumbuh yang telah dilengkapi berbagai peralatan memasak, packing dan lainnya.

"Prodi Kuliner Minang tergabung dalam Fakultas Pariwisata dan Perhotelan (FPP). Prodi ini telah berjalan 3 semester. Tahun pertama jumlah mahasiswanya 32 orang, tahun kedua 72 orang. Jadi mahasiswanya sudah lebih 100 orang. Kalau fasilitas di sini sudah tuntas, maka kegiatan perkuliahan mahasiswa itu akan dilangsungkan di Payakumbuh. Kini masih di kampus utama di Padang," kata Prof. Ganefri di hadapan Wawako Erwin Yunaz dan Dekan FPP UNP Ernawati, Ph.D dan lainnya.

Wawako Erwin Yunaz mengatakan Kantor Camat Payakumbuh Utara akan dialihkan penggunaannya untuk gedung perkuliahan Prodi Kuliner Minang UNP, sedangkan Camat Payakumbuh Utara akan pindah ke kantor yang baru di kawasan Tarok yang kini hampir selesai dibangun. Berikutnya juga akan dibangun ruang perkuliahan tambahan di atas lahan seluas 6.700 meter yang berada di samping Gedung Sentra IKM Rendang.

Rektor UNP Ganefri mengatakan dibukanya Prodi Kuliner Minang bekerja sama dengan Pemko Payakumbuh merupakan tindak lanjut gagasan DPP ILUNI FT UNP yang awalnya melakukan pertemuan dengan Wawako Payakumbuh Erwin Yunaz. Pertemuan itu berlangsung 2 tahun yang lalu di Kafe Tara Payakumbuh yang dihadiri oleh Ketua Umum DPP ILUNI FT UNP Nadirman, Sekjen Yon Erizon, Ketua Harian Roswaldi, pengurus lainnya. Nadirman telah lama bersahabat dengan Erwin Yunaz.

Saat itu Erwin Yunaz mengemukakan bahwa Pemko Payakumbuh sangat serius menggarap potensi randang, mengingat sangat banyaknya IKM di Payakumbuh yang memproduksi rendang. Ditambah lagi rendang merupakan makanan terenak di dunia yang telah diakui secara internasional. Sementara belum ada daerah di Sumatera Barat yang membranding daerahnya sebagai daerah pusat rendang.

Wawako Erwin di waktu tersebut juga mengatakan telah ada perusahaan nasional dan internasional yang ingin bekerja sama dengan IKM Rendang Kota Payakumbuh termasuk dari Saudi Arabia untuk memenuhi kebutuhan jamaah haji dan Umroh Indonesia. Saat itulah pengurus DPP ILUNI UNP menawarkan agar Pemko Payakumbuh bekerja sama dengan UNP yang punya Prodi Tata Boga yang tergabung dalam Fakultas Pariwisata dan Perhotelan (FPP). Hasil pertemuan itu pun disampaikan kepada Rektor UNP Ganefri. Berikutnya ditindaklanjuti UNP dan Pemko Payakumbuh hingga diteken MoU antara Rektor UNP Ganefri dan Walikota Payakumbuh Riza Falepi.

Dengan kehadiran Kampus Prodi Kuliner Minang UNP di Padang Kaduduk, maka dengan sendirinya akan semakin memperamai kawasan tersebut, karena setelah ada Pasar Tradisional dan Sentra IKM Rendang juga segera akan selesai 3 kantor OPD (Dinas Pendidikan, Satpol PP dan BPBD). Berikutnya juga akan tuntas pengerjaan sarana lapangan olahraga terbuka (basket, bola voli, futsal, track lari dan lainnya). Di kawasan Padang Kaduduk rencananya juga akan dibangun Kantor Dinas Kesehatan dan Gedung Olah Raga (GOR). (erz)