Pokdar Kamtibmas Pasbar Dikukuhkan

oleh -707 klik
Pokdar Kamtibmas Pasbar Dikukuhkan oleh Wakapolda Sumbar BrigjenPol Edi Mardianto, Rabu (23/09/2020). RIZAL
Pokdar Kamtibmas Pasbar Dikukuhkan oleh Wakapolda Sumbar BrigjenPol Edi Mardianto, Rabu (23/09/2020). RIZAL

JERNIH NEWS.COM---Wakapolda Sumatera Barat (Sumbar) Brigjen Pol Edi Mardianto mengukuhkan Anggota Pokdar Kamtibmas, yang berasal dari berbagai layar belakang dan unsur sehingga bisa saling mengisi dan mencarikan solusi dari setiap permasalahan yang dihadapi masyarakat baik permasalahan non alam maupun Covid-19. Pengukuhan berlangsung di Simpang Empat, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Rabu, (23/9/2020).

Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Edi Mardianto mengatakan, dikukuhkannya anggota Pokdar Kamtibmas di Kabupaten Pasbar dan Kabupaten Pasaman sebagai pencari solusi setiap permasalahan yang dihadapi masyarakat saat ini dan ikut serta mengedukasi masyarakat dalam penerapan aturan protokol kesehatan Covid-19.

"Kehadiran Pokdar Kamtibmas dinilai mampu meningkatkan kesadaran masyarakat dengan sikap ambil andil dalam pencegahan penyebaran Covid-19,"ujarnya.

Edi Murdianto juga mengatakan anggota Pokdar Kantibmas Kabupaten Pasbar dan Kabupaten Pasaman diharapkan mampu menciptakan suasana kondusif. Pasalnya, keanggotaan Pokdar Kantibmas berasal dari berbagai latar belakang dan unsur, sehingga bisa saling mengisi dan mencarikan solusi dari setiap permasalahan yang muncul di tengah masyarakat.

"Permasalahan besar yang kita hadapi seperti bencana non alam, covid-19.dalam hal ini anggota Pokdar Kamtibmas harus bisa ambil bagian membantu masyarakat," ungkapnya Edi.

"Dalam menyikapi permasalahan antara Kabupaten Pasbar dan Kabupaten Pasaman merupakan dua daerah yang berbatasan langsung dengan provinsi Sumatera Utara. Sebagai pintu masuk, tentu situasi dan keamanan perlu di perhatikan dan dipertahankan, terutama saat pandemi Covid-19.

Edi Murdianto meminta, pasca dikukuhkan Pokdar Kantibmas di tingkat Kabupaten, kedepan perlu dikembangkan dengan pembengkakan Pokdar Kamtibmas di tingkat kecamatan dan nagari. Sehingga, kehadiran Pokdar Kantibmas ini, bisa membantu masyarakat dalam berbagai hal dan aspek, terutama pencegahan dan penyelesaian masalah.

"Kami tunggu pembentukan Pokdar Kantibmas di tingkat Kecamatan dan Nagari," sebutnya.

Sementara itu, Daulat Dipertuan Parit Batu, Pucuk Adat Pasaman Tk Hendri Eka Putra mengapresiasi pembentukan anggota Pokdar Kantibmas, karena akan membantu masyarakat secara umum, terutama masyarakat adat dalam pencegahan dan penyelesaian masalah yang muncul di tengah masyarakat. Sehingga, tidak semua persoalan cucu kamanakan harus berujung ke jalur hukum. Sebab, di Pokdar Kantibmas sendiri sudah memiliki keterwakilan unsur dan bidang yang bisa memberikan solusi.

"Sebagai daerah multi etnis dan budaya, masyarakat adat mendukung kehadiran Pokdar Kamtibmas di Pasbar dan Pasaman," sebutnya.

Sementara itu, Bupati Pasbar Yulianto meminta, Pokdar Kamtibmas bisa bersinergi dengan semua elemen di Pasbar untuk mencegahnya dan menyelesaikan masalah. Terlebih, menjelang Pilkada dan adanya wabah covid 19. Situasi Kamtibmas yang kondusif harus dipertahankan sehingga tidak muncul masalah, terlaksananya semua program yang sudah direncanakan dan penyebaran covid 19 bisa diatasi secara bersama-sama.

"Pemda akan mendukung dan support kehadiran Pokdar Kamtibmas, karena akan membantu masyarakat dan kerja pemerintah untuk mencipta situasi yang kondusif," harapnya Yulianto. (rzl)