Ini Para Juara Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna Tingkat Payakumbuh

oleh -446 klik
Walikota Payakumbuh yang diwakili Assisten III Amriul Dt. Karayiang menyerahkan hadiah kepada pemenang Lomba Karya Inovatif Teknologi Tepat Guna Tingkat Kota Payakumbuh, Selasa (08/09/2020) di Kantor Bappeda Kota Payakumbuh. IST
Walikota Payakumbuh yang diwakili Assisten III Amriul Dt. Karayiang menyerahkan hadiah kepada pemenang Lomba Karya Inovatif Teknologi Tepat Guna Tingkat Kota Payakumbuh, Selasa (08/09/2020) di Kantor Bappeda Kota Payakumbuh. IST

JERNIHNEWS.COM-Setelah melalui proses penilaian yang ketat, Pemko Payakumbuh akhirnya mengumumkan pemenang Lomba Karya Inovasi dan Teknologi Tepat Guna Tingkat Kota Payakumbuh Tahun 2020 di Kantor Bappeda Payakumbuh, Selasa (8/9).

Pengumuman dan penyerahan hadiah dihadiri Walikota Payakumbuh yang diwakili Assisten III Amriul Dt. Karayiang. Turut hadir Kepala Bappeda Ifon Satria Chan, dewan juri, serta peserta lomba.

Dalam sambutannya Amriul Dt. Karayiang menyebut pelaksanaan Lomba Karya Inovasi dan Teknologi Tepat Guna ini adalah yang pertama kalinya dilaksanakan Kota Payakumbuh, juga perdana untuk Sumatera Barat. Sehingga, diapresiasi oleh Pemprov Sumbar dengan komitmen daerah yang mampu mewadahi inovator-inovator berkompetisi di daerahnya.

"Kegiatan ini dilaksanakan untuk menjaring serta memberikan ruang bagi masyarakat agar mampu berinovasi membangun di daerahnya sendiri yang diharapkan munculnya inovator-inovator baru nantinya di Kota Payakumbuh," tegas Amriul sebagaimana dilansir website Pemko Payakumbuh.

Sementara itu, Kepala Bappeda Ifon Satria Chan menginformasikan proses penerimaan dan seleksi Lomba Inovasi dan Teknologi Tepat Guna peserta dilaksanakan dari bulan Juni 2020. Dikarenakan pandemi Covid-19, maka ditunda hingga September 2020 dengan jumlah peserta keseluruhan sebanyak 11 peserta yang memenuhi syarat dari kategori pelajar dan kategori umum.

Juara Kategori Pelajar:

  • Juara 1 SMAN 5 Payakumbuh, nama inovasi Alat Pengolah Sampah Plastik.
  • Juara 2 SMA IBS Raudhatul Jannah Payakumbuh dengan inovasi Eco Smart City.
  • Juara 3 SMKN 2 Payakumbuh dengan inovasi Mesin Perontok Jagung Rengan Pemisah Tongkol dan Pipilan Jagung.

Juara Kategori Umum

  • Juara 1 Andira, nama inovasi Oven Pengering,
  • Juara 2 Bengkel Kopi nama inovasi Mesin Sanggrai Kopi (Coddi Roasting)
  • Juara 3 Drs. Effian Riz nama inovasi Media Tanam Hidroponik.

"Pada penyerahan hadiah dalam pandemi Covid-19 ini peserta lomba yang hadir juga mentaati protokol kesehatan, memakai masker dan mencuci tangan untuk memutus mata rantai Covid-19 ini," terang Ifon.

Sementara itu, peserta dari sekolah mengapresiasi Pemerintah Kota Payakumbuh yang telah menggelar lomba ini, menurut mereka ini dapat mendorong dan membuka minat siswa kreatif dan inovatif untuk ikut menghasilkan karya terbaik bagi kemajuan kota ini. (pr)